Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Administrasi Sistem dan Layanan Infrastruktur TI

Google via Coursera

Overview

Materi ini akan membantu Anda beralih dari hanya mengerjakan satu komputer menjadi menangani seluruh armada komputer. Administrasi sistem adalah bidang TI yang bertanggung jawab atas pemeliharaan sistem komputer yang andal di lingkungan multi-pengguna. Pada materi ini, Anda akan belajar tentang layanan infrastruktur yang membuat semua organisasi, baik besar maupun kecil, tetap aktif dan berjalan. Kita akan membahas lebih jauh mengenai cloud sehingga Anda akan memahami semuanya, mulai dari penyiapan infrastruktur cloud hingga cara mengelola sumber daya cloud. Anda juga akan mempelajari cara mengelola dan mengonfigurasi server serta cara menggunakan perangkat TI untuk mengelola komputer, informasi pengguna, dan produktivitas pengguna. Terakhir, Anda akan mempelajari cara memulihkan infrastruktur organisasi TI Anda jika terjadi bencana. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu : ● memanfaatkan praktik terbaik dalam memilih perangkat keras, vendor, dan layanan untuk organisasi Anda ● memahami cara kerja layanan infrastruktur yang paling umum dalam menjaga organisasi tetap aktif dan berjalan, serta cara mengelola server infrastruktur ● memahami cara memaksimalkan cloud untuk organisasi Anda ● mengelola komputer dan pengguna organisasi menggunakan layanan direktori, Active Directory dan OpenLDAP ● memilih dan mengelola alat yang akan digunakan organisasi Anda ● membuat cadangan data organisasi Anda dan tahu cara memulihkan infrastruktur TI Anda jika terjadi bencana ● memanfaatkan pengetahuan administrasi sistem untuk merencanakan dan menyempurnakan proses di lingkungan TI

Syllabus

  • Apa itu Administrasi Sistem?
    • Selamat datang di materi Administrasi Sistem untuk Sertifikat IT Support Profesional! Pada materi di minggu pertama ini, kita akan membahas dasar-dasar administrasi sistem. Kita juga akan membahas kebijakan organisasi, layanan infrastruktur TI, penyediaan pengguna dan perangkat keras, pemeliharaan rutin, pemecahan masalah, serta mengelola potensi masalah. Pada akhir modul ini, Anda akan memahami peran dan tanggung jawab Administrator Sistem. Mari kita mulai.
  • Layanan Jaringan dan Infrastruktur
    • Pada minggu kedua materi ini, kita akan belajar tentang layanan jaringan dan infrastruktur. Kita akan membahas apa itu layanan infrastruktur IT dan peran mereka dalam sistem administrasi. Kita juga akan mempelajari tentang sistem operasi server, virtualisasi, layanan jaringan, DNS untuk layanan web, dan cara memecahkan masalah layanan jaringan. Pada akhir modul ini, Anda akan mengetahui layanan infrastruktur IT yang paling umum Anda temui saat menangani tugas sistem administrasi.
  • Layanan Perangkat Lunak dan Platform
    • Di minggu ketiga materi ini, kita akan mempelajari layanan perangkat lunak dan platform. Kita akan membahas jenis layanan perangkat lunak dan platform yang mungkin Anda temui dalam peran teknisi dan cara mengelolanya. Kita akan mempelajari cara mengkonfigurasi layanan email, layanan keamanan, layanan file, layanan cetak, dan layanan platform. Kita akan mencari cara untuk memecahkan masalah layanan platform dan masalah umum yang harus diwaspadai. Di akhir modul ini, Anda akan memahami cara menyiapkan dan mengelola layanan infrastruktur IT untuk membantu bisnis tetap produktif, menjaga keamanan informasi, dan menghantarkan aplikasi kepada penggunanya.
  • Layanan Direktori
    • Pada materi di minggu keempat ini, kita akan mempelajari layanan direktori. Secara khusus, kita akan membahas cara kerja dua layanan direktori paling populer, yaitu Active Directory dan OpenLDAP. Kita akan membahas konsep manajemen terpusat dan bagaimana hal ini dapat membantu admin sistem memelihara dan mendukung semua bagian infrastruktur TI yang berbeda-beda. Di akhir modul ini, Anda akan mengetahui cara menambahkan pengguna, kata sandi, dan menggunakan kebijakan grup di Active Directory dan OpenLDAP.
  • Pemulihan & Pencadangan Data
    • Pada minggu kelima materi ini, kita akan belajar tentang pemulihan dan pencadangan data. Dalam peran teknologi apa pun, penting halnya untuk mengetahui cara mencadangkan dan memulihkan data - apalagi bagi administrasi sistem. Kita juga akan mempelajari praktik perusahaan yang umum seperti merancang rencana pemulihan bencana dan menulis dokumentasi post-mortem. Pada akhir modul ini, Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan antara pencadangan di lokasi sendiri dan di lokasi lain, memahami manfaat dan pentingnya pengujian cadangan dan pemulihan, serta mengetahui berbagai opsi untuk pencadangan data (serta risikonya) dan memahami tujuan dan isi rencana pemulihan bencana.
  • Proyek Akhir.
    • Selamat, Anda telah tiba di minggu terakhir materi ini. Minggu terakhir materi ini difokuskan pada proyek akhir. Untuk proyek akhir, Anda akan menerapkan semua keterampilan yang telah Anda pelajari selama ini dengan menyediakan konsultasi dalam administrasi sistem. Anda akan menilai infrastruktur IT dari tiga perusahaan fiktif (berdasarkan kasus riil) dan memberi rekomendasi serta saran untuk mendukung infrastruktur IT mereka. Di proyek ini, Anda akan menunjukkan keterampilan dan teknik pemecahan masalah sebagai seorang Admin Sistem. Semoga berhasil.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

4.9 rating at Coursera based on 853 ratings

Start your review of Administrasi Sistem dan Layanan Infrastruktur TI

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.