Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Analisis Data dengan Pemrograman R

Google via Coursera

Overview

Prepare for a new career with $100 off Coursera Plus
Gear up for jobs in high-demand fields: data analytics, digital marketing, and more.
Ini adalah materi ketujuh dalam program Google Data Analytics Certificate (Sertifikat Analisis Data Google). Materi ini akan membekali Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan analis data tingkat pemula. Dalam materi ini, Anda akan belajar tentang bahasa pemrograman yang dikenal sebagai R. Anda akan mengetahui cara menggunakan RStudio, lingkungan yang memungkinkan Anda bekerja dengan R. Materi ini juga akan membahas aplikasi perangkat lunak dan alat yang unik untuk R, seperti beberapa paket R (R packages). Anda akan menemukan bagaimana R memungkinkan Anda membersihkan, mengatur, menganalisis, memvisualisasikan, dan melaporkan data dengan cara baru dan lebih ampuh. Para analis data Google akan mengajarkan dan memberi tahu Anda berbagai cara untuk menyelesaikan tugas umum analis data dengan menggunakan peralatan dan sumber daya terbaik.

Pembelajar yang menyelesaikan program sertifikasi ini akan memiliki bekal yang cukup untuk melamar kerja sebagai analis data tingkat pemula. Tidak membutuhkan pengalaman apa pun.

Di akhir materi ini, Anda akan:
- Mengkaji manfaat menggunakan bahasa pemrograman R.
- Menemukan cara menggunakan RStudio untuk menerapkan R ke analisis Anda.
- Mengeksplorasi konsep dasar yang terkait dengan pemrograman di R.
- Mengeksplorasi konten dan komponen paket R termasuk paket Tidyverse.
- Mendapatkan pemahaman tentang dataframe dan penggunaannya di R.
- Menemukan opsi untuk menghasilkan visualisasi di R.
- Mempelajari tentang R Markdown untuk mendokumentasikan pemrograman R.

Syllabus

  • Pemrograman dan analitis data
    • R adalah bahasa pemrograman yang dapat membantu Anda dalam proses analisis data. Di bagian materi ini, Anda akan belajar tentang R dan RStudio, lingkungan yang akan Anda gunakan untuk bekerja di R. Anda akan mempelajari manfaat menggunakan R dan RStudio serta komponen RStudio yang akan membantu persiapan Anda.
  • Pemrograman menggunakan RStudio
    • Menggunakan R dapat membantu Anda menyelesaikan analisis secara efisien dan efektif. Di bagian materi ini, Anda akan mengeksplorasi konsep dasar yang terkait dengan R. Anda akan belajar tentang fungsi dan variabel untuk kalkulasi dan pemrograman lainnya. Selain itu, Anda akan menemukan paket R, yang merupakan kumpulan fungsi R, kode, dan data sampel yang akan Anda gunakan di RStudio.
  • Bekerja dengan data dalam R
    • Bahasa pemrograman R dirancang untuk mengerjakan data pada semua tahap proses analisis data. Di bagian materi ini, Anda akan mempelajari bagaimana R dapat membantu Anda menyusun, mengorganisasi, dan membersihkan data melalui berbagai fungsi dan proses. Anda akan belajar tentang dataframe dan cara menggunakannya di R. Anda juga akan meninjau kembali konsep bias data dan bagaimana Anda dapat menggunakan R untuk mengatasinya.
  • Pembahasan lebih lanjut tentang visualisasi, estetika, dan anotasi
    • R adalah sebuah alat yang sangat sesuai untuk membuat visualisasi secara rinci. Di bagian materi ini, Anda akan belajar cara menggunakan R untuk membuat dan memecahkan masalah visualisasi. Anda juga akan mempelajari fitur R dan RStudio yang akan membantu Anda membuat tampilan visualisasi yang menarik disertai anotasi dan penyimpanannya.
  • Dokumentasi dan laporan
    • Ketika Anda siap untuk menyimpan dan menyajikan analisis, R memiliki opsi-opsi yang berbeda yang perlu dipertimbangkan. Pada bagian pelatihan ini akan menjelajahi R Markdown, sebuah format file untuk membuat dokumen yang dinamis dengan R. Anda akan mengetahui cara memformat dan mengekspor R Markdown, termasuk cara memasukkan potongan kode R dalam dokumen.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

4.9 rating at Coursera based on 203 ratings

Start your review of Analisis Data dengan Pemrograman R

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.