Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

IndonesiaX

Manajemen Rantai Pasok

Institut Teknologi Sepuluh Nopember via IndonesiaX

This course may be unavailable.

Overview

Tentang Kursus

Supply Chain Management (SCM) adalah disiplin yang mempelajari pengelolaan aliran barang dari hulu (sumber) sampai ke hilir (pelanggan). Efektif tidaknya SCM suatu perusahaan akan menentukan apakah mereka akan unggul atau kalah dalam persaingan. SCM yang efektif membutuhkan kolaborasi antar pihak, membutuhkan visibilitas informasi di sepanjang supply chain. Di samping itu, efektivitas supply chain juga membutuhkan dukungan pemerintah berupa penyediaan infrastruktur yang memadai serta regulasi yang mendukung kelancaran pergerakan barang.

Kuliah ini akan membekali peserta dengan berbagai konsep dan metode yang bisa digunakan untuk mengelola supply chain. Dalam empat minggu peserta akan diajak untuk mengulas apa itu supply chain, kenapa SCM penting, apa saja indikator keberhasilan SCM, strategi supply chain, berbagai aspek dalam pengelolaan permintaan, konsep collaborative planning, strategi distribusi, dan isu-isu transportasi.

Syllabus

Testimoni Pembelajar

"Baru saja saya menyelesaikan kursus online MOOC dari IndonesiaX "ITS101 Supply Chain Management" dari Profesor Nyoman Pujawan. Kursus online MOOC ini memberikan pengertian dasar tentang supply chain (SC), dengan durasi selama kurang lebih 1.5 - 2 jam setiap module nya yang mana menurut saya cukup pas untuk memberikan dasar cakupan SC ataupun me-refresh pengertian tentang SC. Terima kasih Pak Nyoman atas sharing nya, usulan saya untuk masa mendatang di tambah lagi modul nya seperti warehouse management, transportation management, inventory control dan sebagainya."

- Soerjo Winarto, Direktur Supply Chain di Johnson & Johnson, Indonesia

Reviews

Start your review of Manajemen Rantai Pasok

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.