Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

IndonesiaX

Pembangunan Bangsa: Bhinneka Tunggal Ika

via IndonesiaX

This course may be unavailable.

Overview

Tentang Kursus

Di tengah isu yang menerpa Pancasila, serta tantangan terhadap penghayatan tentang kebhinekaan, kursus ini sangat relevan sebagai oase penyegar. Tiga orang pakar akan mengelaborasi dan memperkaya gagasan kebhinekaan di dalam kursus ini. Pertama, Prof. Herawati Sudoyo akan mengajak kita mendefinisikan manusia Indonesia dalam perspektif fakta antropologi dan genetika.

Kedua, Hilmar Farid, Ph.D., yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengkritisi diskursus kebhinekaan yang ironisnya berkelindan dalam kelompok-kelompok ber-privilege nan homogen. Menurut beliau, kebhinekaan tidak akan terartikulasikan secara baik dalam nuansa kesenjangan dan ketidakadilan.

Kemudian, secara reflektif, Yudi Latif, Ph.D., memaparkan titik harmoni antara kemusliman, sebagai identitas mayor di Indonesia, dengan Pancasila dan nilai-nilai leluhur bangsa. Sehingga, tidak ada alasan bagi bangsa Indonesia untuk berpecah belah. Melengkapi paparan Hilmar, Yudi menekankan bahwa keadilan dan persatuan tidak dapat dipertukarkan dan tidak dapat saling menggantikan. Keduanya harus seiring seperti kepak sayap Garuda.

Kursus ini merupakan bagian dari acara Koentjaraningrat Memorial Lectures XIII - 2017 yang digelar oleh Forum Kajian Antropologi Indonesia (FKAI). Semoga keikutsertaan dalam kursus ini dapat menjadi motivasi untuk mengenal bangsa Indonesia dan nusantara lebih mendalam.

Syllabus

Topik Kursus
  • Minggu 1 Asal-usul Keanekaragaman Manusia Indonesia
  • Minggu 2 Kemajemukan dan Keadilan
  • Minggu 3 Pancasila: Ideologi Inklusif bagi Kemajemukan Indonesia

Reviews

Start your review of Pembangunan Bangsa: Bhinneka Tunggal Ika

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.