Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

IndonesiaX

Pengantar Kerekayasaan dan Desain

Institut Teknologi Bandung via IndonesiaX

This course may be unavailable.

Overview

Tentang Kursus

Rekayasa dan desain memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap aspek kehidupan manusia sehari-hari terkait erat dengan rekayasa dan desain. Mulai dari rumah, jalan, bangunan, dan kendaraan yang kita gunakan sehari-hari merupakan karya nyata rekayasa dan desain.

Rekayasa merupakan rancangan dan analisa kreatif yang memanfaatkan energi, material, gerak, informasi, dan teknologi untuk melayani kebutuhan manusia dengan cara yang kreatif. Sementara desain adalah rancangan yang digunakan untuk membuat suatu hal.

Rekayasa dan desain memiliki fungsi utama yakni untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat secara sistematis. Dalam menyelesaikan masalah ini, rekayasa dan desain membutuhkan analisis rancangan yang kreatif, inovatif, dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni sehingga menghasilkan solusi yang tepat guna, efektif, ekonomis, dan efisien.

Kursus ‘Introduction to Engineering and Design’ akan mengajak Anda memahami mengenai rekayasa dan desain. Kursus ini akan dibawakan oleh instruktur Dr. Ary Setijadi Prihatmanto, ST, MT, Dosen STEI ITB.

Syllabus

Tujuan Belajar

Dengan mengikuti kursus ini, siswa diharapkan dapat memahami definisi engineering, problem solving sebagai inti dari engineering atau kerekayasaan, dan beberapa contoh ilustrasi proses kerekayasaan. Selain itu, siswa diharapkan memahami basic science, engineering science, dan system engineering; mengenal berbagai macam disiplin ilmu kerekayasaan, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan posisi TIK dalam engineering. Siswa juga diharapkan memahami definisi desain dan proses desain sebagai inti dari proses perekayasaan.

Reviews

Start your review of Pengantar Kerekayasaan dan Desain

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.