Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Mendesain Web yang Responsif di Adobe XD

Google via Coursera

Overview

Prepare for a new career with $100 off Coursera Plus
Gear up for jobs in high-demand fields: data analytics, digital marketing, and more.
Mendesain Web yang Responsif di Adobe XD adalah materi keenam dalam program yang akan membekali Anda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan tingkat pemula dalam desain pengalaman pengguna (UX). Dalam materi ini, Anda akan merancang situs web responsif menggunakan Adobe XD, sebuah alat desain yang populer. Anda akan menyelesaikan proses desain dari awal hingga akhir: berempati kepada pengguna, menentukan titik kesulitan/masalah pengguna, menghasilkan ide untuk solusi desain, membuat wireframe dan purwarupa, serta menguji desain untuk mendapatkan masukan. Pada akhir materi ini, Anda akan memiliki sebuah proyek desain baru untuk dimasukkan ke dalam portofolio UX profesional Anda.

Selain itu, Anda akan belajar cara mencari pekerjaan desain UX tingkat pemula, membuat resume yang menonjolkan keterampilan dan pencapaian Anda, serta membangun situs web portofolio profesional Anda.

Desainer dan peneliti UX dari Google akan menjadi instruktur Anda, dan Anda akan terlibat langsung dalam menyelesaikan berbagai aktivitas yang mengambil skenario desain UX dari dunia nyata. Pembelajar yang berhasil menyelesaikan ketujuh materi program sertifikat ini akan memiliki keterampilan untuk melamar pekerjaan sebagai desainer UX pemula.

Pada akhir materi ini, Anda akan mampu:
- Menerapkan setiap langkah proses desain UX (berempati, mendefinisikan, memunculkan ide, membuat purwarupa, menguji) untuk membuat situs web yang responsif.
- Mengembangkan desain dengan alat desain yang populer, Adobe XD.
- Merencanakan arsitektur informasi dan membuat peta situs untuk desain situs web.
- Menerapkan tata letak umum untuk laman web.
- Merencanakan dan melakukan studi kegunaan untuk mengumpulkan masukan tentang desain.
- Mengubah desain berdasarkan wawasan penelitian
- Bekerja dengan sistem desain di Adobe XD.
- Menambahkan proyek desain baru ke portofolio UX profesional Anda.
- [Opsional] Membuat atau memperbarui resume yang berfokus pada UX.
- [Opsional] Mempelajari cara mencari dan melamar pekerjaan tingkat pemula di bidang UX.

Materi ini sesuai untuk desainer UX tingkat pemula yang telah menyelesaikan kelima materi Sertifikat Desain UX Google sebelumnya. Atau, pembelajar yang memerlukan pemahaman dasar yang kuat tentang proses desain; pengalaman membuat wireframe, maket, dan purwarupa; serta kemampuan untuk melakukan studi kegunaan. Tidak diperlukan pengalaman dengan Adobe XD sebelumnya.

Syllabus

  • Memulai proses desain UX: Berempati dan mendefinisikan
    • Mulailah dengan dasar-dasar desain web responsif. Untuk membuat website yang responsif, Anda akan mengikuti setiap langkah proses desain UX: berempati, mendefinisikan, memunculkan ide, membuat purwarupa, melakukan uji coba. Di bagian materi ini, Anda akan menyelesaikan fase berempati dan mendefinisikan. Selain itu, Anda akan mulai mengeksplorasi Adobe XD, tool desain populer yang akan Anda gunakan di sepanjang materi ini.
  • Melanjutkan proses desain UX: Ideate (Ideasi)
    • Proyek desain website responsif Anda sedang berlangsung. Di bagian materi ini, Anda akan memulai fase ideasi sebagai bagian dari proses desain. Untuk memunculkan ide-ide solusi desain, Anda akan melakukan audit kompetitif, menyelesaikan aktivitas “How Might We”, dan membuat sketsa ide menggunakan “Crazy Eights”. Anda juga akan belajar tentang pentingnya arsitektur informasi dan peta situs (sitemap) saat mendesain website.
  • Membuat wireframe untuk situs web responsif
    • Setelah Anda berempati dengan pengguna, menetapkan masalah pengguna yang harus dipecahkan, dan mulai mencari solusi yang memungkinkan, sekarang saatnya untuk merealisasikan ide-ide Anda dalam wireframe. Situs web responsif Anda akan memiliki tata letak yang berbeda-beda, tergantung pada perangkat dan ukuran layar yang menjadi target rancangan Anda, jadi Anda akan membuat banyak wireframe yang berbeda. Pertama, Anda akan mengeksplorasi tata letak situs web secara umum, kemudian Anda akan membuat wireframe kertas. Selanjutnya, Anda akan mengenal beberapa elemen dan komponen yang biasa digunakan dalam desain situs web responsif. Kemudian, Anda akan bertransisi untuk membuat wireframe digital di Adobe XD. Terakhir, Anda akan memperbarui dan menyempurnakan wireframe untuk meningkatkan aksesibilitas.
  • Membuat dan menguji purwarupa low-fidelity
    • Setelah Anda membuat wireframe digital di Adobe XD, sekarang saatnya untuk membangun, menguji, dan melakukan iterasi pada purwarupa low-fidelity. Pertama, Anda akan belajar cara membuat purwarupa low-fidelity di Adobe XD. Anda akan mendapatkan masukan tentang purwarupa tersebut dengan merencanakan dan melakukan studi usability (kegunaan). Kemudian, Anda akan memodifikasi desain low-fidelity berdasarkan wawasan dari penelitian tersebut.
  • Membuat dan menguji desain high-fidelity
    • Di bagian materi ini, Anda akan bersiap untuk membuat mockup website responsif di Adobe XD. Anda juga akan mengembangkan karya Anda dengan sistem desain dan menggunakan komponen dari sistem desain eksternal dalam desain website responsif. Kemudian, Anda akan mengubah mockup Anda menjadi purwarupa high-fidelity dengan membuat koneksi, menambahkan detail interaksi, dan menyesuaikan animasi. Pada langkah terakhir, Anda akan menguji purwarupa high-fidelity melalui studi kegunaan untuk mendapatkan umpan balik dari beragam pengguna. Pada akhir bagian materi ini, desain website responsif Anda akan selesai!
  • Mendokumentasikan hasil desain dan mencari pekerjaan
    • Setelah menyelesaikan desain website responsif, Anda akan siap untuk membagikan hasil pekerjaan Anda dengan orang lain. Untuk memulainya, Anda akan belajar cara menyiapkan dan menyerahkan desain kepada para insinyur, yang akan membangun produk akhir. Anda juga akan menambahkan suatu studi kasus yang menampilkan desain website responsif ke portofolio UX profesional Anda. Kemudian, Anda akan beralih fokus pada tujuan yang lebih besar: mendapatkan pekerjaan sebagai desainer UX. Anda akan mempelajari kiat dan trik membaca lowongan pekerjaan, serta membuat resume menarik yang menonjolkan keterampilan baru Anda di bidang UX.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

5 rating at Coursera based on 36 ratings

Start your review of Mendesain Web yang Responsif di Adobe XD

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.