Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Seluk Beluk Jaringan Komputer

Google via Coursera

Overview

Materi ini dirancang untuk memberikan gambaran lengkap tentang jaringan komputer. Kami akan membahas semua mulai dari dasar-dasar teknologi dan protokol jaringan modern kemudian gambaran umum cloud hingga aplikasi praktis dan pemecahan masalah jaringan. Pada akhir materi ini, Anda akan dapat: ● menggambarkan jaringan komputer dalam bentuk model lima lapis ● memahami semua protokol standar yang terlibat dengan komunikasi TCP/IP ● menguasai alat dan teknik pemecahan masalah yang tepat ● mempelajari layanan jaringan seperti DNS dan DHCP yang membuat jaringan komputer berfungsi ● memahami komputasi cloud, semua layanan terkait, dan penyimpanan cloud

Syllabus

  • Pengantar Jaringan
    • Selamat datang di materi Jaringan untuk Sertifikat IT Support Profesional. Pada pelatihan di minggu pertama ini, kita akan membahas dasar-dasar jaringan komputer. Kita akan belajar tentang model jaringan TCP/IP dan OSI dan bagaimana lapisan jaringan bekerja sama. Kita juga akan membahas dasar-dasar perangkat jaringan seperti kabel, hub dan switch, router, server, dan klien. Kita juga akan mengulas lapisan fisik dan lapisan data link model jaringan kita secara lebih rinci. Pada akhir modul ini, Anda akan mengetahui bagaimana semua lapisan model jaringan yang berbeda-beda bersinergi menyusun sebuah jaringan.
  • Lapisan Jaringan Komputer
    • Pada materi minggu kedua ini, kita akan mempelajari lapisan jaringan komputer secara lebih mendalam. Kita akan belajar tentang skema penentuan alamat IP dan cara kerja subnetting. Kita akan mengeksplorasi bagaimana enkapsulasi atau penyatuan data bekerja dan bagaimana protokol seperti ARP memungkinkan berbagai lapisan di jaringan komputer berkomunikasi. Kita juga akan membahas dasar-dasar routing, protokol routing, dan cara kerja Internet. Di akhir modul, Anda akan dapat menjelaskan skema penentuan alamat IP, memahami cara kerja subnetting, melakukan perhitungan biner untuk mendeskripsikan subnet, dan memahami cara kerja Internet.
  • Lapisan Transpor dan Aplikasi
    • Pada pelatihan di minggu ketiga ini, kita akan mempelajari lapisan transpor dan aplikasi. Pada akhir modul ini, Anda akan dapat menjelaskan porta dan soket TCP, mengidentifikasi komponen header TCP yang berbeda-beda, menunjukkan perbedaan antara protokol yang berorientasi koneksi dan yang tanpa koneksi, dan menjelaskan bagaimana TCP digunakan untuk memastikan integritas data.
  • Layanan Jaringan
    • Pada materi di minggu keempat ini, kita akan mempelajari tentang layanan jaringan. Kita akan belajar tentang mengapa kita membutuhkan DNS dan bagaimana cara kerjanya. Kami juga akan menunjukkan kepada Anda mengapa DHCP membuat administrasi jaringan menjadi tugas yang lebih sederhana. Pada akhir modul ini, Anda akan dapat menjelaskan cara kerja DNS dan DHCP, bagaimana teknologi NAT membantu menjaga keamanan jaringan, dan bagaimana VPN dan proxy membantu pengguna untuk terhubung dan tetap aman.
  • Terhubung dengan Internet
    • Di minggu kelima ini, kita akan membahas sejarah Internet, perkembangannya, dan bagaimana Internet beroperasi hingga hari ini. Kita akan mempelajari cara-cara untuk terhubung ke Internet, baik itu menggunakan kabel, koneksi nirkabel dan seluler, dan bahkan koneksi fiber. Setelah menyelesaikan modul ini, Anda akan dapat menjelaskan komponen WAN dan menguraikan garis besar jaringan nirkabel dan seluler.
  • Pemecahan Masalah dan Masa Depan Jaringan
    • Selamat, Anda telah berhasil sampai di minggu terakhir materi ini. Pada minggu terakhir ini, kita akan menjelajahi masa depan jaringan komputer. Kita juga akan membahas aspek praktis pemecahan masalah jaringan menggunakan sistem operasi yang populer. Pada akhir modul ini, Anda akan mampu mendeteksi dan memperbaiki banyak masalah umum konektivitas menggunakan alat yang tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, MacOS, dan Linux.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

4.9 rating at Coursera based on 1435 ratings

Start your review of Seluk Beluk Jaringan Komputer

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.