Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

IndonesiaX

Manajemen Bencana

Universitas Indonesia via IndonesiaX

This course may be unavailable.

Overview

Tentang Kursus

Indonesia berada di daerah rawan bencana, hal ini dipengaruhi oleh faktor geografis dan juga faktor manusia. Faktor geografis seperti letak Indonesia yang berada di daerah ring of fire dan juga berada di antara 3 lempeng tektonik menyebabkan potensi terjadinya bencana gempa bumi erupsi gunung berapi, dan tsunami cukup tinggi. Selain itu faktor kelalaian serta ketidakpedulian manusia juga dapat menyebabkan terjadinya beberapa jenis bencana seperti kebakaran dan banjir.

Pada kursus ini, setiap siswa IndonesiaX akan dibekali mengenai pengetahuan dari masing-masing jenis bencana, bagaimana cara untuk menghadapi setiap jenis bencana (dari bencana alam sampai dengan bencana non-alam), dampak apa yang bisa terjadi pada korban, sampai dengan hal yang dapat dilakukan untuk mengelola bencana secara komprehensif dari sebelum terjadinya bencana, saat respon bencana sampai dengan pasca bencana.

Selain itu Siswa IndonesiaX dapat mempelajari mengenai keterampilan dalam penanganan korban bencana, seperti melakukan triage, mengangkat dan memindahkan korban, penyelamatan korban secara vertikal seperti pada kasus tertimpa reruntuhan akibat gempa, dan masih banyak lagi.

Syllabus

Tujuan Kursus

Melalui kursus ini, Siswa IndonesiaX diharapkan mendapatkan pengetahuan dan life skills dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi di daerahnya masing-masing.

Reviews

Start your review of Manajemen Bencana

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.