Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Serverless Web Apps using Amazon DynamoDB - Part 3 (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Ikhtisar

Selesaikan misi Anda! Dalam lab ini, Anda akan menyelesaikan dan mempublikasikan generator berkas misi menggunakan DynamoDB. Ini adalah Bagian 3 dari rangkaian tiga bagian lab. Di Bagian 1, Anda membuat tabel DynamoDB dan memasukkan data misi. Di Bagian 2, Anda membuat dan menguji fungsi Lambda untuk mengambil data misi. Di Bagian 3, Anda akan menyelesaikan rangkaian tiga bagian ini dengan melakukan konfigurasi API menggunakan Amazon API Gateway dan menyiapkan situs web publik untuk mengambil informasi dari tabel DynamoDB Anda melalui fungsi Lambda, dengan memanfaatkan pembelajaran Anda dari ketiga laboratorium untuk mengutus pahlawan super demi menyelamatkan dunia!

Topik yang dibahas

Di akhir lab ini, Anda akan mampu:

  • Membuat API untuk fungsi Lambda guna mengakses tabel DynamoDB menggunakan Amazon API Gateway
  • Membuat SDK untuk API Anda
  • Mengonfigurasi dan memublikasikan konten dengan Amazon S3

… dan memberi detail tentang misi yang mereka hadapi kepada pahlawan super!

Prasyarat Lab

Anda harus mengenali konsep utama dengan mengikuti lab Introduction to Amazon DynamoDB. Ini adalah bagian ketiga dari tiga bagian seri lab. Setiap lab dapat berdiri sendiri, tetapi karena lab merupakan pengembangan dari pembelajaran Anda sebelumnya, menyelesaikan lab Serverless Web Apps using Amazon DynamoDB - Part 1 dan Serverless Web Apps using Amazon DynamoDB - Part 2 sebelum lab ini akan menghadirkan pengalaman belajar terbaik.

Layanan AWS Lainnya

Layanan AWS lain selain yang diperlukan untuk lab ini dinonaktifkan oleh kebijakan IAM selama waktu akses Anda di lab ini. Selain itu, kemampuan layanan yang digunakan di lab ini dibatasi pada hal yang dibutuhkan oleh lab dan dalam beberapa kasus bahkan lebih dibatasi sebagai aspek yang disengaja dari desain lab. Saat mengakses layanan lain atau melakukan tindakan selain yang diberikan dalam panduan lab ini, Anda akan menerima pesan kesalahan.

Amazon DynamoDB

Amazon DynamoDB adalah layanan basis data NoSQL yang cepat dan fleksibel untuk semua aplikasi yang memerlukan latensi milidetik satu digit yang konsisten pada segala skala. Ini adalah basis data cloud yang dikelola penuh dan mendukung model penyimpanan dokumen dan nilai kunci. Model data yang fleksibel dan kinerja andal membuatnya sangat cocok untuk perangkat seluler, web, game, ad-tech, IoT, dan banyak aplikasi lainnya.

Anda dapat menggunakan Amazon DynamoDB untuk membuat tabel basis data yang dapat menyimpan dan mengambil sejumlah data serta melayani semua tingkat lalu lintas permintaan. Amazon DynamoDB secara otomatis menyebarkan data dan lalu lintas untuk tabel ke sejumlah server yang cukup untuk menangani kapasitas permintaan yang ditentukan oleh pelanggan dan jumlah data yang disimpan, sembari mempertahankan kinerja yang konsisten dan cepat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Amazon DynamoDB, lihat https://aws.amazon.com/documentation/dynamodb/. Untuk harganya, lihat https://aws.amazon.com/dynamodb/pricing/.

AWS Lambda

AWS Lambda adalah layanan komputasi yang menghadirkan kapasitas komputasi dengan ukuran fleksibel di cloud untuk memudahkan komputasi skala web bagi pengembang. Unggah kode Anda ke AWS Lambda dan AWS Lambda akan mengurus penyediaan dan pengelolaan server yang digunakan untuk menjalankan kode. AWS Lambda mendukung beragam bahasa pengodean: Node.js, Java, atau Python. Anda dapat menggunakan AWS Lambda dalam dua cara:

  • Sebagai layanan komputasi berbasis peristiwa, AWS Lambda menjalankan kode Anda sebagai tanggapan atas peristiwa, seperti unggahan file citra, sebagaimana yang akan Anda lihat di lab ini.
  • Sebagai layanan komputasi untuk menjalankan kode Anda sebagai tanggapan atas permintaan HTTP menggunakan Amazon API Gateway atau panggilan API.

AWS Lambda memberikan manfaat keuangan berskala Amazon kepada Anda. Lambda mengeksekusi kode Anda hanya jika diperlukan dan menskalakan secara otomatis, dari beberapa permintaan per hari hingga ribuan per detik. Lambda memudahkan untuk menyusun pemicu pemrosesan data untuk layanan AWS, seperti Amazon S3 dan Amazon DynamoDB, memproses aliran data yang disimpan di Amazon Kinesis, atau membuat back end Anda sendiri yang beroperasi dengan skala, kinerja, dan keamanan AWS.

Panduan lab ini menjelaskan konsep dasar AWS secara langkah demi langkah. Akan tetapi, ini hanya dapat memberikan ikhtisar singkat seputar konsep Lambda. Untuk informasi selengkapnya, lihat Dokumentasi Amazon Web Services resmi untuk Lambda di https://aws.amazon.com/documentation/lambda/. Untuk detail harga, lihat https://aws.amazon.com/lambda/pricing/.

Amazon API Gateway

Amazon API Gateway adalah layanan terkelola penuh yang memudahkan pengembang untuk membuat, memublikasikan, memelihara, memantau, dan mengamankan API pada segala skala. Dengan beberapa klik pada Konsol Manajemen AWS, Anda dapat membuat API yang bertindak sebagai “pintu depan” untuk aplikasi untuk mengakses data, logika bisnis, atau fungsionalitas dari layanan back-end Anda. Anda dapat menggunakannya dengan beban kerja yang berjalan di Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2), kode yang berjalan pada AWS Lambda (seperti yang akan Anda lihat di laboratorium ini), atau aplikasi Web apa pun. Amazon API Gateway menangani semua tugas yang terlibat dalam penerimaan dan pemrosesan hingga ratusan ribu panggilan API secara bersamaan, termasuk pengelolaan lalu lintas, otorisasi dan kendali akses, pemantauan, dan pengelolaan versi API.

Untuk dokumentasi, lihat https://aws.amazon.com/documentation/apigateway/. Untuk detail harga, lihat https://aws.amazon.com/api-gateway/pricing/.

Reviews

Start your review of Serverless Web Apps using Amazon DynamoDB - Part 3 (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.