Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

IndonesiaX

Hukum Siber: Hak dan Kewajiban

Universitas Indonesia via IndonesiaX

This course may be unavailable.

Overview

Tentang Kursus

Telematika, atau telekomunikasi dan informatika, merupakan pertemuan jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Dalam pengertian yang sederhana, telematika bisa diartikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan komunikasi.

Dalam perkembangannya, istilah telematika juga memperlihatkan konvergensi antara telekomunikasi, media, dan informatika yang berbasis teknologi digital. Itulah sebabnya, telematika kemudian berkembang menjadi information and communication technology (ICT).

Selanjutnya, keberadaan telematika dan perkembangan internet menciptakan dunia baru bagi masyarakat yakni cyber space. Di alam yang baru ini terdapat kebebasan informasi, kebebasan berkomunikasi, dan kebebasan mengemukakan pendapat.

Seiring dengan perkembangan cyber space sebagai medium komunikasi global antar individu, maka muncullah hak dan kewajiban tiap individu. Hal inilah yang membuat banyak negara mencoba mengatur keberadaan alam baru dengan menciptakan hukum telematika atau cyber law. Kursus Cyber Law: Rights and Obligations akan dibawakan oleh Edmon Makarim, Ketua Lembaga Kajian Hukum Teknologi dan Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Syllabus

Tujuan Belajar

Kursus ini akan memperkenalkan hak dan kewajiban yang diatur dalam hukum telematika. Dengan mengikuti kursus ini, Siswa IndonesiaX diharapkan akan mampu memanfaatkan ruang cyber sebagai sarana berkomunikasi dan berinteraksi secara bertanggung jawab.

Reviews

Start your review of Hukum Siber: Hak dan Kewajiban

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.