Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Membuat Desain dan Purwarupa High-Fidelity di Figma

Google via Coursera

Overview

Membuat Wireframe dan Purwarupa High-Fidelity adalah materi kelima dalam program sertifikat ini yang akan membekali Anda dengan keterampilan yang perlu Anda terapkan pada pekerjaan desain pengalaman pengguna (UX) tingkat pemula. Dalam materi ini, Anda akan mengikuti tutorial langkah demi langkah untuk mempelajari cara membuat desain high-fidelity, yang disebut maket atau mockup, di Figma, sebuah alat desain yang populer. Kemudian, Anda akan mengubah desain tersebut menjadi purwarupa interaktif yang berfungsi seperti layaknya sebuah produk jadi. Anda akan melakukan penelitian untuk mengumpulkan masukan tentang desain Anda dan melakukan perbaikan. Terakhir, Anda akan belajar cara membagikan desain Anda kepada tim pengembangan dan menampilkan pekerjaan Anda dalam portofolio UX profesional Anda. Desainer dan peneliti UX dari Google akan menjadi instruktur Anda, dan Anda akan terlibat langsung dalam menyelesaikan berbagai aktivitas yang mengambil skenario desain UX dari dunia nyata. Peserta didik yang berhasil menyelesaikan ketujuh materi program sertifikasi ini telah memiliki keterampilan untuk melamar pekerjaan sebagai desainer UX pemula. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu: - Membuat mockup (maket) dan purwarupa high-fidelity di Figma. - Mendefinisikan dan menerapkan elemen dan prinsip desain visual yang umum. - Mendemonstrasikan bagaimana sistem desain dapat digunakan untuk mengorganisir, standarisasi, dan memperbaiki desain. - Memahami peran sesi kritik desain dan masukan saat iterasi/mengulangi desain. - Menyerahkan proyek desain yang sudah jadi kepada tim teknik. - Menyelesaikan desain aplikasi seluler untuk disertakan dalam portofolio UX profesional. Materi ini sesuai untuk desainer UX tingkat pemula yang telah menyelesaikan empat materi sebelumnya dari Google UX Design Certificate (Sertifikat Desain UX Google). Sebagai alternatif, pembelajar yang belum menyelesaikan materi sebelumnya harus memiliki pemahaman yang kuat tentang proses desain, cara membuat desain low-fidelity di atas kertas dan di Figma, dan bagaimana melakukan studi kegunaan.

Syllabus

  • Mulai membuat mockup (maket)
    • Alihkan fokus Anda ke desain visual, yang merupakan bagaimana produk atau teknologi tampil di hadapan pengguna. Di bagian materi ini, Anda akan mulai membuat mockup atau maket, sebagai desain high-fidelity yang mewakili sebuah produk akhir. Untuk membuat mockup, Anda akan menggunakan elemen desain visual, seperti tipografi, warna, dan ikonografi. Elemen-elemen tersebut diatur ke dalam tata letak menggunakan berbagai metode seperti grid, containment, dan ruang negatif. Anda akan menerapkan semua pembelajaran desain visual untuk mengembangkan desain aplikasi seluler yang telah Anda kerjakan selama program sertifikat ini.
  • Menerapkan prinsip-prinsip desain visual pada maket (mockup)
    • Dalam materi ini, Anda akan menggunakan prinsip-prinsip desain visual untuk menyempurnakan maket. Pertama, menggunakan penekanan untuk memandu pengguna ke bagian laman yang paling penting. Selanjutnya, menerapkan hierarki, skala, dan proporsi untuk mengorganisir elemen-elemen di setiap laman aplikasi. Kemudian, mempertimbangkan kesatuan dan keragaman untuk membuat seluruh elemen aplikasi berfungsi atau tampak menonjol. Terakhir, meninjau kembali Prinsip Gestalt, seperti kemiripan (similarity), kedekatan (proximity), dan area bersama (common region), untuk membantu pengguna menafsirkan desain dengan mudah.
  • Menjelajahi sistem desain
    • Mari kita menjelajahi dunia sistem desain! Di bagian materi ini, Anda akan diperkenalkan pada bagian-bagian dari sistem desain, serta manfaat penggunaan sistem desain. Anda akan mempelajari sistem desain milik berbagai perusahaan, dan Anda akan memiliki kesempatan untuk menggunakannya di mockup Anda sendiri. Anda juga akan mempelajari cara menggunakan dan membuat lembar stiker di Figma.
  • Berpartisipasi dalam sesi kritik desain
    • Memberi, menerima, dan menerapkan masukan adalah bagian penting dari proses desain UX. Di bagian materi ini, Anda akan mempelajari metode yang efektif untuk memberi dan menerima masukan. Anda juga akan belajar tentang sesi kritik desain, yang akan menjadi bagian penting dari pekerjaan pertama Anda sebagai desainer UX. Terakhir, Anda akan mempelajari cara mengubah masukan menjadi langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti dan diambil untuk merevisi desain.
  • Membuat purwarupa high-fidelity
    • Anda siap membuat purwarupa high-fidelity di Figma. Dengan mengikuti enam langkah, Anda akan mengubah mockup (maket) menjadi sebuah purwarupa yang siap diuji coba. Selain itu, Anda akan mempelajari dua konsep baru, yaitu gesture (gestur) dan motion (gerakan), yang akan memperkaya pengalaman pengguna dan meningkatkan kegunaan (usability) purwarupa.
  • Pengujian dan iterasi desain
    • Sekarang setelah Anda memiliki purwarupa high-fidelity (fidelitas tinggi), saatnya untuk menguji desain Anda. Untuk memulai, Anda akan melakukan studi kegunaan untuk menguji purwarupa high-fidelity dari sebuah aplikasi seluler. Anda akan menganalisis umpan balik yang Anda terima untuk menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan mengulangi desain Anda. Kemudian, Anda akan belajar cara menyerahkan desain kepada tim perekayasa untuk diproduksi. Terakhir, Anda akan mengubah semua yang telah Anda pelajari tentang penelitian pengguna, ideation (pemunculan ide), wireframe, desain, dan purwarupa menjadi sebuah studi kasus untuk portofolio UX profesional Anda.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

5 rating at Coursera based on 32 ratings

Start your review of Membuat Desain dan Purwarupa High-Fidelity di Figma

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.