Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Mendesain Pengalaman Pengguna untuk Kebaikan Sosial & Bersiap untuk Pekerjaan

Google via Coursera

Overview

Merancang Pengalaman Pengguna untuk Kebaikan Sosial dan Bersiap untuk Pekerjaan adalah materi ketujuh dan terakhir dalam program yang akan membekali Anda dengan keterampilan yang Anda butuhkan untuk menjadi desainer UX tingkat pemula. Dalam materi ini, Anda akan merancang aplikasi berbasis seluler dan situs web responsif yang berfokus pada kebaikan sosial. Anda akan menampilkan semua hal yang telah Anda pelajari selama program sertifikat ini untuk menyelesaikan proses desain dari awal hingga akhir: berempati dengan pengguna, menentukan titik permasalahan mereka, menghasilkan ide untuk solusi desain, membuat wireframe dan purwarupa, dan menguji desain untuk mendapatkan masukan. Pada akhir materi ini, Anda akan memiliki sebuah proyek desain lintas platform baru untuk disertakan ke dalam portofolio UX profesional Anda. Materi ini juga akan mempersiapkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan pertama Anda sebagai desainer UX. Anda akan belajar cara mengikuti wawancara untuk posisi desain UX tingkat pemula. Anda akan mendapatkan kiat dari para Googler berdasarkan pengalaman wawancara mereka sendiri dan perspektif unik mereka sebagai manajer perekrutan. Dan, Anda akan memoles portofolio UX profesional yang telah Anda susun di sepanjang program ini hingga siap dilampirkan dalam lamaran pekerjaan. Desainer dan peneliti UX dari Google akan menjadi instruktur Anda, dan Anda akan terlibat langsung dalam menyelesaikan berbagai aktivitas yang menyimulasikan skenario desain UX dari dunia nyata. Pembelajar yang berhasil menyelesaikan ketujuh materi program sertifikat ini telah memiliki keterampilan untuk melamar pekerjaan sebagai desainer UX pemula. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu: - Menerapkan setiap langkah proses desain UX (berempati, mendefinisikan, menghasilkan ide, purwarupa, uji coba) untuk membuat desain yang berfokus pada kebaikan sosial. - Mengidentifikasi perbedaan antara aplikasi berbasis seluler dan aplikasi web responsif. - Memahami pendekatan progressive enhancement dan graceful degradation untuk mendesain di seluruh perangkat. - Membuat wireframe, mockup, dan purwarupa low-fidelity dan high-fidelity di Figma atau Adobe XD. - Menambahkan proyek desain baru ke portofolio UX profesional Anda. - Mempersiapkan portofolio pekerjaan desain Anda untuk lamaran pekerjaan. - Mengikuti wawancara untuk pekerjaan desain UX tingkat pemula. - Memutuskan apakah pekerjaan desain lepas adalah karier yang cocok untuk Anda. Materi ini sesuai untuk desainer UX tingkat pemula yang telah menyelesaikan keenam materi sebelumnya dari program Sertifikat Desain UX Google.

Syllabus

  • Memulai proses desain UX: berempati, mendefinisikan, ideate
    • Anda telah mencapai materi terakhir dari Google UX Design Certificate (Sertifikasi Desain UX Google) — selamat! Anda akan merancang aplikasi seluler khusus dan website responsif yang berfokus pada kebaikan sosial yang menampilkan semua yang telah dipelajari dalam program ini. Untuk memulai, Anda akan belajar mengenai mendesain di seluruh perangkat dengan menjelajahi pendekatan progressive enhancement dan graceful degradation serta 4C (atau 4K). Dengan semua pengetahuan baru ini, Anda akan memulai proyek portofolio akhir. Yang dimulai dengan fase empati, di mana Anda akan membuat persona, cerita pengguna, dan peta perjalanan pengguna. Kemudian, beralih ke fase mendefinisikan, yang akan mengidentifikasi kebutuhan pengguna yang akan difokuskan dalam proyek Anda dan membangun pernyataan masalah. Terakhir, masuk ke fase ideate, di mana Anda akan melakukan audit yang kompetitif dan menghasilkan ide untuk desain aplikasi seluler khusus melalui sketsa.
  • Membuat wireframe dan purwarupa low-fidelity
    • Di bagian materi ini, Anda akan menerapkan semua yang telah Anda pelajari tentang permasalahan pengguna yang ingin Anda selesaikan dan menghasilkan versi dasar dari aplikasi seluler yang Anda rancang. Anda akan mulai dengan membuat wireframe kertas untuk menghasilkan banyak ide. Anda akan mengambil bagian terbaik dari wireframe kertas Anda dan kemudian membuat wireframe digital di Figma atau Adobe XD. Setelah itu, Anda akan mengubah wireframe digital tersebut menjadi purwarupa low-fidelity. Kemudian, Anda akan merencanakan dan melakukan studi kegunaan (usability) untuk mendapatkan masukan tentang purwarupa low-fidelity Anda, dan membuat perubahan pada desain Anda berdasarkan wawasan dari penelitian tersebut.
  • Membuat maket dan purwarupa high-fidelity
    • Selamat datang di dunia desain high-fidelity! Di bagian materi ini, Anda akan membuat mockup (maket) untuk aplikasi seluler dengan menggabungkan berbagai elemen dan prinsip desain visual. Dalam pelaksanaannya, Anda akan menyimpan berbagai elemen dan komponen dalam sistem desain, yang dapat Anda gunakan kembali saat mendesain website responsif di bagian materi selanjutnya. Kemudian, Anda akan mengubah maket Anda menjadi purwarupa high-fidelity. Terakhir, Anda akan merencanakan dan melakukan studi usability (kegunaan) untuk mengumpulkan masukan tentang purwarupa high-fidelity Anda. Pada bagian akhir materi ini, Anda akan menyelesaikan desain aplikasi seluler, dan lebih dari separuh proyek portofolio Anda pun sudah berhasil diselesaikan.
  • Merancang situs web responsif yang bersifat komplementer/pelengkap
    • Dengan lengkapnya desain untuk aplikasi seluler khusus, Anda akan memanfaatkan apa yang telah dipelajari tentang produk dan pengguna, dan menerapkannya untuk merancang situs web responsif untuk kebaikan/kesejahteraan sosial. Untuk memulai, Anda akan belajar cara mendesain untuk pengalaman dan ukuran layar yang berbeda. Selanjutnya, Anda akan meninjau pentingnya arsitektur informasi dan membuat sitemap untuk situs web Anda. Anda juga akan membuat sketsa ide-ide dan tata letak yang potensial untuk situs web Anda. Anda akan membuat wireframe di atas kertas, secara digital, atau keduanya untuk layar dengan ukuran yang berbeda. Dan Anda akan mengembangkan purwarupa low-fidelity dan mengujinya melalui studi kegunaan (usability) untuk memperbaiki desain. Kemudian, beralih ke desain high-fidelity di mana Anda akan membuat mockup untuk layar dengan ukuran yang berbeda dari situs web responsif. Terakhir, Anda akan membuat purwarupa hi-fi dari situs web responsif, dan mengujinya sekali lagi. Pada akhir bagian materi ini, desain lintas platform akan selesai dan ditambahkan ke portofolio online Anda.
  • Mencari pekerjaan di bidang UX
    • Di bagian akhir program Sertifikat Desain UX Google, Anda akan mempersiapkan diri untuk mencari pekerjaan sebagai desainer UX baru. Anda akan mulai dengan menyesuaikan portofolio untuk memastikannya siap disertakan dalam lamaran pekerjaan. Selanjutnya, Anda akan mempelajari proses wawancara desain UX dan mengembangkan strategi agar berhasil melewati berbagai jenis wawancara: penelitian pra-wawancara, presentasi diri singkat, layar ponsel, presentasi portofolio, latihan dengan papan tulis, tugas desain yang dikerjakan di rumah, dan banyak lagi. Terakhir, Anda akan menjelajahi dunia freelance (pekerjaan lepas) dengan membuat rencana bisnis dan belajar cara mendapatkan klien pertama.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

5 rating at Coursera based on 57 ratings

Start your review of Mendesain Pengalaman Pengguna untuk Kebaikan Sosial & Bersiap untuk Pekerjaan

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.