Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Inisiasi Proyek: Memulai Proyek yang Sukses

Google via Coursera

Overview

Ini adalah materi kedua dalam program Google Project Management Certificate (Sertifikat Manajemen Proyek Google). Materi ini akan menunjukkan kepada Anda cara menyiapkan proyek agar sukses pada fase pertama siklus hidup proyek: fase inisiasi proyek. Sewaktu mengeksplorasi komponen-komponen utama fase ini, Anda akan belajar cara menentukan dan mengelola tujuan proyek, hasil kerja, ruang lingkup, dan kriteria keberhasilan. Anda akan menemukan cara menggunakan alat bantu dan templat seperti stakeholders analysis grid (kisi-kisi analisis pemangku kepentingan) dan piagam proyek untuk membantu Anda menetapkan ekspektasi proyek serta mengomunikasikan peran dan tanggung jawab. Para manajer proyek Google yang ada saat ini akan terus mengajarkan dan memberi Anda pendekatan langsung untuk menyelesaikan tugas-tugas ini sambil menunjukkan kepada Anda alat bantu dan referensi manajemen proyek terbaik untuk pekerjaan yang ada. Pembelajar yang menyelesaikan program ini seharusnya telah mendapatkan bekal untuk melamar pekerjaan tingkat pemula sebagai manajer proyek. Tidak dibutuhkan pengalaman apa pun. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu: - Memahami pentingnya fase inisiasi proyek dalam siklus hidup proyek. - Menjelaskan komponen-komponen utama fase inisiasi proyek. - Menentukan manfaat dan biaya proyek. - Menentukan serta membuat sasaran dan hasil kerja yang terukur. - Menentukan ruang lingkup proyek serta membedakan antara tugas-tugas yang berada dalam ruang lingkup dan di luar ruang lingkup. - Memahami cara mengelola scope creep agar tidak berdampak pada sasaran proyek. - Menentukan dan mengukur kriteria keberhasilan proyek. - Menyelesaikan dan menjelaskan pentingnya analisis pemangku kepentingan. - Memanfaatkan diagram RACI untuk mendefinisikan dan mengomunikasikan tanggung jawab setiap anggota tim proyek. - Memahami komponen utama piagam proyek dan menyusun piagam proyek untuk inisiasi proyek. - Mengevaluasi berbagai alat manajemen proyek untuk memenuhi kebutuhan proyek.

Syllabus

  • Dasar-dasar inisiasi proyek
    • Anda akan belajar bagaimana program disusun, memahami pentingnya fase inisiasi proyek sekaligus menjelaskan komponen utamanya, serta memahami cara menentukan manfaat dan biaya proyek.
  • Menetapkan tujuan, ruang lingkup, dan kriteria keberhasilan proyek
    • Anda akan belajar bagaimana menetapkan dan membuat tujuan dan deliverable (hasil) proyek yang terukur; bagaimana menetapkan ruang lingkup proyek, membedakan antara tugas-tugas yang berada di dalam ruang lingkup dan di luar ruang lingkup, dan menghindari scope creep (perluasan ruang lingkup); serta bagaimana menetapkan dan mengukur kriteria keberhasilan suatu proyek.
  • Bekerja secara efektif dengan para pemangku kepentingan
    • Anda akan belajar cara mendefinisikan peran dan tanggung jawab dalam proyek, menyelesaikan analisis pemangku kepentingan, dan memanfaatkan diagram RACI untuk mendefinisikan dan mengkomunikasikan tanggung jawab setiap anggota tim proyek.
  • Memanfaatkan sumber daya dan peralatan untuk keberhasilan proyek
    • Anda akan mempelajari sumber daya yang biasa diperlukan untuk mengelola proyek, mengenali pentingnya dokumentasi proyek yang jelas dan konsisten, memahami komponen utama proposal dan project charter atau piagam proyek dan mengembangkan project charter, dan mengevaluasi berbagai tool manajemen proyek untuk memenuhi kebutuhan proyek.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

5 rating at Coursera based on 86 ratings

Start your review of Inisiasi Proyek: Memulai Proyek yang Sukses

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.