Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Introduction to AWS Internet of Things (IoT) (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran Umum

AWS Internet of Things (IoT) adalah platform cloud terkelola yang memungkinkan semua perangkat terhubung dapat berinteraksi dengan aplikasi cloud dan perangkat lain dengan mudah dan aman. AWS IoT dapat mendukung miliaran perangkat dan triliunan pesan, dan dapat memproses serta merutekan pesan tersebut ke endpoint AWS dan ke perangkat lain secara andal dan aman. Dengan AWS IoT, aplikasi Anda dapat terus melacak dan berkomunikasi dengan semua perangkat, sepanjang waktu, meski pun perangkat tidak terhubung.

Di lab saat ini, Anda akan menjalankan simulator perangkat IoT sederhana pada Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) yang akan mengirim data sensor (suhu) ke gateway perangkat AWS IoT. Anda kemudian akan membangun aturan sederhana, menggunakan sintaks seperti SQL, yang akan mengirimkan notifikasi ke topik Amazon Simple Notification Service (Amazon SNS) ketika suhu perangkat dalam ambang batas yang ditetapkan. Dengan menghubungkan alamat email pada topik Amazon SNS, Anda akan menerima notifikasi email ketika ambang batas terpenuhi. Terakhir, Anda akan memperbarui device shadow, mengarahkan perangkat untuk “menyalakan AC,” sehingga suhu akan turun. Berikut adalah gambaran umum tugas yang akan Anda selesaikan:


Terdapat Daftar Istilah yang komprehensif di akhir lab ini. Jika Anda menemukan istilah yang tidak dikenal, lihat glosarium untuk informasi selengkapnya.

Deskripsi lab

Tujuan Anda untuk lab ini adalah:

  • Membuat sertifikat dan kunci AWS IoT
  • Menjalankan aplikasi simulator dan menerbitkan data ke AWS IoT
  • Berlangganan topik dengan klien MQTT di AWS Management Console dan menonton stream data masuk
  • Buat aturan AWS IoT yang akan mencari catatan dengan suhu di atas ambang batas yang ditetapkan
  • Mengaitkan tindakan Simple Notification Service dengan aturan
  • Menerbitkan perubahan keadaan ke device shadow, mengarahkan aplikasi simulator untuk mengurangi suhu dengan “menyalakan AC”

Prasyarat pengetahuan teknis

Agar berhasil menyelesaikan lab ini, Anda harus terbiasa dengan layanan Amazon EC2 dan cara agar terhubung ke instans EC2 berbasis Linux. Anda juga harus terbiasa dengan Amazon SNS, khususnya, cara membuat topik Amazon SNS dan berlangganan alamat email ke topik.

Layanan AWS lainnya

Layanan AWS selain yang diperlukan untuk lab ini dinonaktifkan oleh IAM policy selama waktu akses Anda di lab ini. Selain itu, kemampuan layanan yang digunakan di lab ini dibatasi pada apa yang dibutuhkan oleh lab dan dalam beberapa kasus bahkan lebih dibatasi sebagai aspek yang disengaja dari desain lab. Saat mengakses layanan lain atau melakukan tindakan selain yang diberikan dalam panduan lab ini, Anda akan menerima pesan kesalahan.

Reviews

Start your review of Introduction to AWS Internet of Things (IoT) (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.