Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Amazon Web Services

Building Serverless Applications with an Event-Driven Architecture (Indonesian)

Amazon Web Services and Amazon via AWS Skill Builder

Overview

Gambaran umum lab

Nirserver adalah arsitektur asli dari cloud. Anda dapat membangun arsitektur nirserver untuk hampir semua tipe aplikasi atau layanan backend—tanpa memikirkan server. Tipe arsitektur ini menghilangkan tugas-tugas pengelolaan infrastruktur seperti server atau penyediaan klaster, patching, pemeliharaan sistem operasi, dan penyediaan kapasitas. Semua yang diperlukan untuk menjalankan dan menskalakan aplikasi dengan ketersediaan tinggi tertangani untuk Anda.

Nirserver memungkinkan Anda untuk memindahkan lebih banyak tanggung jawab operasional Anda kepada Amazon Web Services (AWS), meningkatkan agility dan inovasi Anda serta menurunkan total biaya kepemilikan. Developer Anda dapat berfokus pada produk inti mereka daripada mengkhawatirkan pengelolaan dan pengoperasian server atau runtime, baik di cloud maupun on premise. Pengurangan pengeluaran tambahan ini memungkinkan developer menghemat waktu dan energi sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan produk yang dapat menskalakan dan dapat diandalkan.

Di lab ini, Anda membuat aplikasi pencetakan buku berbasis web menggunakan serangkaian teknologi nirserver termasuk Amazon API Gateway, AWS Step Functions, AWS Lambda, Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), Amazon DynamoDB, Amazon Simple Notification Service (Amazon SNS ), Amazon Simple Queue Service (Amazon SQS), dan Amazon Rekognition.

Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk mengunggah koleksi gambar yang ingin mereka cetak ke dalam buku fisik. Setiap gambar diproses untuk memastikan bahwa gambar ditampilkan dengan benar dalam buku. Aplikasi tersebut menggunakan Step Functions untuk mengelola alur kerja. Alur kerja menggunakan fungsi Lambda untuk memastikan bahwa setiap gambar adalah tipe file yang tepat dan menggunakan Amazon Rekognition untuk memastikan bahwa konten telah sesuai. Alur kerja juga mengubah ukuran dan watermark gambar lalu membuat bukti PDF kepada pelanggan untuk disetujui. Selanjutnya, Amazon SNS mengirimkan email kepada pelanggan untuk persetujuan sebelum mengirim tugas ke Amazon SQS. Amazon SQS mengirimkan buku ke layanan percetakan pihak ketiga untuk dicetak dan dikirim ke pelanggan.

Tujuan

Setelah menyelesaikan lab ini, Anda dapat:

  • Memahami arsitektur berbasis peristiwa.
  • Memahami bagaimana Step Functions dikonfigurasi untuk mengatur aplikasi nirserver.
  • Memanfaatkan Amazon SQS dan Amazon SNS.
  • Membuat dan mengonfigurasi fungsi Lambda dan sumber daya API Gateway.
  • Membuat pembaruan konfigurasi untuk memulihkan fungsionalitas API.

Durasi

Lab ini membutuhkan 90 menit untuk diselesaikan.

Kunci ikon

Beragam ikon digunakan di seluruh lab ini untuk menarik perhatian kepada berbagai tipe petunjuk dan catatan. Daftar berikut menjelaskan tujuan setiap ikon:

  • Note: (Catatan) petunjuk, tip, atau panduan penting.
  • Command: (Perintah) perintah yang harus Anda jalankan.
  • Expected output: (Output yang diharapkan) output sampel yang dapat Anda gunakan untuk memverifikasi output dari perintah atau file yang diedit.
  • Task complete: (Tugas selesai) poin kesimpulan atau ringkasan dalam lab.
  • Learn more: (Pelajari selengkapnya) tempat untuk menemukan informasi selengkapnya.

Reviews

Start your review of Building Serverless Applications with an Event-Driven Architecture (Indonesian)

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.