Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Bagian Akhir: Menerapkan Manajemen Proyek di Dunia Nyata

Google via Coursera

Overview

Limited-Time Offer: Up to 75% Off Coursera Plus!
7000+ certificate courses from Google, Microsoft, IBM, and many more.
Pada materi terakhir dalam Sertifikat Manajemen Proyek Google ini Anda akan berlatih menerapkan pengetahuan dan keterampilan manajemen proyek yang telah Anda pelajari sejauh ini. Kami mendorong pembelajar untuk menyelesaikan Materi 1-5 sebelum memulai materi akhir, karena materi sebelumnya memberikan dasar yang diperlukan untuk menyelesaikan aktivitas dalam materi ini. Saat Anda mengikuti materi ini, Anda akan “mengamati” manajer proyek dalam skenario dunia nyata dan menyelesaikan berbagai aktivitas. Anda akan: - menganalisis dokumen proyek untuk mengidentifikasi persyaratan proyek dan mengevaluasi pemangku kepentingan - melengkapi piagam proyek dan menggunakannya sebagai alat untuk menyelaraskan ruang lingkup dan tujuan proyek di antara para pemangku kepentingan - mengidentifikasi tugas dan milestone dan mendokumentasikan serta memprioritaskannya dalam rencana proyek - menentukan standar manajemen kualitas dan menelusuri cara membagikan data kualitatif secara efektif - menunjukkan dampak proyek Anda melalui pelaporan yang efektif Di akhir materi ini, Anda akan menyusun portofolio artefak manajemen proyek yang akan menunjukkan keterampilan yang telah Anda pelajari di program ini, seperti kemampuan dalam mengelola pemangku kepentingan dan tim, mengatur rencana, dan mengomunikasikan detail proyek. Artefak ini dapat menunjukkan kesiapan karier Anda saat melamar pekerjaan. Untuk lebih mempersiapkan diri dalam wawancara pekerjaan manajemen proyek, sebaiknya Anda melihat kembali proyek-proyek sebelumnya, menyusun “elevator pitch,” dan mengantisipasi pertanyaan umum dalam wawancara. Manajer proyek Google akan terus mengajarkan dan memberi Anda strategi, alat, dan referensi untuk mencapai tujuan Anda. Pembelajar yang menyelesaikan program ini seharusnya telah mendapatkan bekal untuk melamar pekerjaan sebagai manajer proyek tingkat pemula. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk mengklaim sertifikat lencana penyelesaian yang akan dikenali oleh pemberi kerja.

Syllabus

  • Memulai sebuah proyek
    • Anda akan belajar menganalisis dokumen proyek dan materi pendukung untuk mengidentifikasi persyaratan proyek, mengevaluasi pemangku kepentingan, dan memecahkan masalah. Anda akan melengkapi piagam proyek dan menggunakannya sebagai alat untuk menyelaraskan cakupan dan tujuan proyek di antara para pemangku kepentingan. Anda juga akan menambahkan kekhususan pada tujuan proyek untuk menjadikannya SMART dan menerapkan keterampilan negosiasi yang efektif dengan pemangku kepentingan untuk memprioritaskan tujuan proyek.
  • Membuat rencana proyek
    • Anda akan memeriksa dokumentasi proyek, melakukan riset online, dan menganalisis percakapan-percakapan penting untuk mengidentifikasi tugas dan milestone (tonggak pencapaian), lalu mendokumentasikan dan memprioritaskannya dalam sebuah rencana proyek. Anda juga akan mendemonstrasikan teknik komunikasi yang efektif untuk membuat estimasi waktu yang akurat untuk tugas proyek.
  • Menjaga kualitas
    • Anda akan belajar untuk menetapkan dan menjelaskan standar manajemen kualitas serta mengevaluasi berdasarkan standar tersebut guna memastikan bahwa proyek tersebut mencapai tingkat kualitas yang diperlukan. Anda akan membedakan pertanyaan evaluasi dari pertanyaan survei dan mengenali cara berbagi data kualitatif secara efektif. Anda juga akan mempelajari strategi untuk memfasilitasi retrospektif yang produktif dengan mendorong partisipasi, akuntabilitas, dan sikap yang positif.
  • Komunikasi pemangku kepentingan yang efektif
    • Anda akan belajar untuk mengomunikasikan dan melakukan eskalasi permasalahan proyek kepada para pemangku kepentingan dan menunjukkan dampak Anda melalui strategi pelaporan yang efektif. Selain itu, Anda akan mempersiapkan diri untuk wawancara kerja sesungguhnya dengan melakukan refleksi terhadap proyek-proyek sebelumnya, mengembangkan "elevator pitch", dan mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan umum.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

5 rating at Coursera based on 77 ratings

Start your review of Bagian Akhir: Menerapkan Manajemen Proyek di Dunia Nyata

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.