Class Central is learner-supported. When you buy through links on our site, we may earn an affiliate commission.

Google

Memproses Data dari Kotor ke Bersih

Google via Coursera

Overview

Ini adalah materi pertama dalam program Sertifikat Analitik Data Google. Materi ini akan membekali Anda dengan keterampilan yang Anda butuhkan untuk melamar pekerjaan analis data tingkat pemula. Dalam materi ini, Anda akan terus meningkatkan pemahaman tentang analitis data dan konsep dan peralatan yang digunakan para analis data dalam pekerjaan mereka. Anda akan mempelajari cara memeriksa dan membersihkan data menggunakan spreadsheet dan SQL serta cara memverifikasi dan melaporkan hasil pembersihan data Anda. Para analis data Google akan mengajarkan dan memberi tahu Anda berbagai cara untuk menyelesaikan tugas umum analis data dengan menggunakan peralatan dan sumber daya terbaik. Pembelajar yang menyelesaikan program sertifikat ini akan memiliki bekal yang cukup untuk melamar kerja sebagai analis data tingkat pemula. Tidak dibutuhkan pengalaman apa pun. Pada akhir materi ini, Anda akan mampu: - Mempelajari cara memeriksa integritas data. - Mengetahui teknik pembersihan data menggunakan spreadsheet. - Mengembangkan kueri SQL sederhana untuk digunakan pada database. - Menerapkan fungsi SQL sederhana untuk membersihkan dan mengubah data. - Memahami cara memverifikasi hasil pembersihan data. - Mengeksplorasi elemen-elemen dan arti penting laporan pembersihan data.

Syllabus

  • Arti penting integritas
    • Saat Anda mulai berpikir tentang cara menyiapkan data untuk eksplorasi, bagian materi ini akan menyoroti mengapa integritas data sangat penting untuk keberhasilan pengambilan keputusan. Anda akan belajar tentang bagaimana data dihasilkan dan teknik yang digunakan analis untuk memutuskan data apa yang perlu dikumpulkan untuk analisis. Dan Anda akan mempelajari tentang data terstruktur dan tidak terstruktur, tipe data, dan format data.
  • Data yang benar-benar bersih
    • Setiap analis data menginginkan data yang bersih untuk diolah ketika melakukan sebuah analisis. Di bagian materi ini, Anda akan mempelajari perbedaan antara data yang bersih dan yang kotor. Anda juga akan mengeksplorasi teknik-teknik pembersihan data menggunakan spreadsheet dan peralatan lainnya.
  • Membersihkan data menggunakan SQL
    • Memahami berbagai cara untuk membersihkan data akan membuat pekerjaan seorang analis menjadi jauh lebih mudah. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari cara membersihkan data dengan menggunakan SQL. Anda akan mengeksplorasi kueri dan fungsi dalam SQL untuk membersihkan dan mengubah data agar siap dianalisis.
  • Memverifikasi dan melaporkan hasil pembersihan
    • Membersihkan data merupakan langkah penting dalam proses analisis data. Memverifikasi dan melaporkan pembersihan adalah cara untuk menunjukkan bahwa data Anda siap untuk langkah berikutnya. Dalam bagian materi ini, Anda akan mengetahui proses yang terlibat dalam memverifikasi dan melaporkan pembersihan data serta manfaatnya.
  • Opsional: Menambahkan data ke resume Anda
    • Membuat resume yang efektif akan bermanfaat bagi karier analitik data Anda. Pada materi ini, Anda akan mempelajari semua hal tentang proses melamar kerja, khususnya mengenai cara membuat resume yang menyoroti kelebihan dan pengalaman relevan Anda. Jika saat ini Anda belum mulai mencari pekerjaan, ini adalah waktu yang tepat untuk memperbarui resume Anda. Ini seperti pelatihan pra-musim pada liga utama—Jangan sampai Anda ketinggalan!
  • Tantangan Materi
    • Persiapkan tantangan materi dengan meninjau istilah dan definisi dalam glosarium. Kemudian, tunjukkan pengetahuan Anda tentang pentingnya ukuran sampel, integritas data, dan hubungan data dengan tujuan bisnis dalam kuis berikut. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk menerapkan keahlian Anda dalam teknik pembersihan data baik di spreadsheet dan SQL. Terakhir, dokumentasikan, laporkan, dan verifikasilah proses dan hasil pembersihan data yang Anda lakukan.

Taught by

Google Career Certificates

Reviews

4.9 rating at Coursera based on 297 ratings

Start your review of Memproses Data dari Kotor ke Bersih

Never Stop Learning.

Get personalized course recommendations, track subjects and courses with reminders, and more.

Someone learning on their laptop while sitting on the floor.